Usai Mudik Lebaran Waspadai Varian Baru CORONA B117, Apa Saja Gejalanya? - BCA Life
Bagikan

Usai Mudik Lebaran Waspadai Varian Baru CORONA B117, Apa Saja Gejalanya?

Juni 8, 2021

Pembahasan kasus Covid-19 di Indonesia masih terus berlanjut. Bahkan saat ini mulai masuk varian bari Covid-19 yaitu Corona B117. Gejala yang dialami oleh 1 pasien belum tentu sama persis pada pasien lainnya. Lantas, gejala apa saja yang membedakan varian Corona B117 dengan Covid-19 sebelumnya?

Mengacu pada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), gejala virus Corona yang muncul memang bisa beragam. Mulai dari gejala ringan, sedang, hingga berat yang muncul perlahan.

Menurut Satgas Covid-19, seseorang umumnya membutuhkan waktu paling lama 14 hari untuk merasakan gejala sejak terinveksi Covid-19. Inilah yang membuat pendeteksian infeksi Covid-19, termasuk peningkatan kasus pasca momen mudik lebaran, tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat.

“Manifestasi kasus Lebaran sejak periode peniadaan mudik 6-17 Mei 2021 baru bisa kita lihat 2 minggu ke depan berdasarkan analisis data yang valid. Mengingat perkembangan COVID-19 ini berdasarkan riwayat alamiah penyakitnya membutuhkan waktu baik untuk terdeteksi pada alat diagnostik maupun menunjukan gejala," terang Juru bicara Satgas Pengendalian COVID-19 Prof Wiku Adisasmito dalam konferensi pers virtual, Kamis (20/5/2021)

Lalu, apa saja gejala yang akan terlihat dari varian baru Corona B117 ini? Gejala yang terdeteksi diantaranya adalah sakit kepala, ruam pada kulit, nyeri otot, perubahan warna (discolouration) pada jari tangan dan kaki, kelelahan dan merasa lesu, mual hingga pusing, konjungtivis (mata merah), sakit (radang) tenggorokan, diare.

Satgas Covid-19 menegaskan, orang yang terlanjur melakukan perjalanan mudik pada momen Lebaran lalu perlu melakukan karantina selama 5x24 jam. Pasalnya gejala Covid-19 maupun varian Corona B117 ini tidak selalu sama pada setiap orang. Ada pula pasien yang menunjukan gejala sangat minim, atau tidak bergejala sama sekali.

Bagikan