Tips Mengatur Keuangan Setelah Menikah - BCA Life
Bagikan

Tips Mengatur Keuangan Setelah Menikah

Oktober 24, 2021

Pandemi covid-19 tidak mengurungkan niat masyarakat untuk menikah. Walau tidak bisa menggelar pesta pernikahan megah akibat adanya pembatasan sosial, masyarakat yang berencana menikah tetap berbahagia dengan prosesi ‘seadanya’.

Banyak hal yang akan berubah ketika seseorang memasuki fase pernikahan. Salah satunya perubahan perencanaan keuangan. Apa saja yang harus diperhatikan saat merencanakan keuangan dan cara mengatur keuangan setelah menikah?

a. Biasakan terbuka sejak awal

Semuanya harus jelas dan terbuka. Termasuk soal penghasilan per bulan suami dan istri. Bahas pula mengenai pengeluaran masing-masing serta cicilan-cicilan yang harus dibayar. Cicilan pribadi serta untuk kebutuhan keluarga. Misal cicilan kendaraan & rumah, tagihan listrik, dll.

b. Hutang dan asset

Segera lunasi utang-utang konsumtif yang sudah dimiliki Anda atau pasangan sebelum menikah. Jadi sebelum berencana cicil mobil atau membeli rumah, pastikan sudah tidak ada utang yang mengendap.

c. Menyiapkan proteksi

Asuransi kesehatan dan asuransi jiwa harus dimiliki. Dengan memiliki kedua proteksi tersebut, Anda dan pasangan bisa fokus mengatur keuangan untuk hal lainnya. Tanpa adanya asuransi, tabungan Anda bisa mendadak habis bila sewaktu-waktu mengalami musibah atau dirawat di rumah sakit. Mulailah terbuka dengan pasangan untuk masalah keuangan, sebab uang merupakan topik yang sangat sensitif. Anda dan pasangan dapat mengecek mylifeguard.id untuk mendapatkan gambaran asuransi jiwa yang cocok dan sesuai untuk anda dan pasangan.

Bagikan