Resep untuk menjalankan Ibadah Puasa dengan hati yang tenang dan pikiran yang bersih. - BCA Life
Bagikan

Resep untuk menjalankan Ibadah Puasa dengan hati yang tenang dan pikiran yang bersih.

April 11, 2022

Bulan suci Ramadhan adalah saat yang tepat untuk menahan hawa nafsu dan khusyuk melakukan ibadah agar mendapatkan pahala yang barokah. Menjalani puasa dengan hati yang tenang dan jauh dari pikiran toxic merupakan kondisi yang diinginkan oleh banyak orang. Menenangkan hati & membersihkan pikiran mungkin akan dirasa cukup sulit bagi beberapa orang yang hidup di jaman modern yang serba dinamis ini, dimana saat menjalankan Ibadah Puasa kita harus tetap bekerja 5 hari seminggu dan harus menghadapi tekanan dan stress yang ditimbulkannya.

Berikut ini beberapa resep yang bisa kamu lakukan sehari-hari untuk mendapatkan ketenangan hati saat menjalankan Ibadah Puasa.

1. Hindari perasaan iri Rasa iri akan membuat kamu memiliki banyak keluhan dan juga ketidakpuasan di dalam hidupmu. Hal ini bahkan bisa saja menjadi lebih buruk, jika ternyata tidak lagi bisa mengontrol rasa iri ini dan membiarkannya semakin berkembang dalam hati dan pikiran. Bukan hanya saat di bulan suci Ramadhan, perasaan iri bisa selalu menghantui kamu dalam kehidupan sehari-hari dan jika tidak diatasi bisa membuatmu melakukan sesuatu diluar kendali diri.

2. Selalu bersyukur dan positive thinking Harvard Health Publishing menyebutkan, dalam penelitian psikologi positif, bersyukur secara kuat dan konsisten dikaitkan dengan kebahagiaan yang lebih besar. Bersyukur bisa dilakukan dengan berterima kasih atas kejadian positif di masa lalu, bersyukur untuk masa kini dengan melakukan semua pekerjaan dengan 100%, dan bersyukur untuk masa depan dengan sikap penuh harapan & positif.

3. Berhenti membandingkan diri kita dengan orang lain Istilah 'Rumput tetangga selalu lebih hijau' tentu sudah tidak asing bagi kita. Hal ini tak lepas dari sifat manusia yang senang membandingkan pencapaian dirinya dengan orang lain. Alasan dasarnya adalah karena kita ingin mendapatkan kepastian dan pengakuan jika kita lebih baik dari orang lain. Dalam dunia psikologi, kebiasaan membandingkan diri ini disebut sebagai social comparison alias perbandingan sosial. Alih-alih mendapat kepuasan, kita justru lebih banyak mendapatkan kekecewaan bahkan bisa berimbas pada turunnya imun tubuh dan menyebabkan terserang penyakit. Kebiasaan ini harus kita hapus dan gantikan dengan rasa syukur atas segala hal yang sudah kita capai sampai saat ini, lalu ucapkan terima kasih kepada diri sendiri.

4. Jauhkan kebiasaan Overthinking Mengkhawatirkan banyak hal adalah pekerjaan yang paling melelahkan, terutama jika melakukannya tanpa alasan yang jelas. Bukan hanya waktu, kamu juga akan membuang banyak tenaga untuk 'pekerjaan' yang satu ini. Berhentilah untuk mengkhawatirkan banyak hal, sebab sikap ini bahkan tak memperbaiki apapun di dalam hidupmu. Berpikirlah lebih positif, sehingga bisa lebih tenang dan bahagia. Memiliki perlindungan diri atas resiko yang tak terduga juga bisa membantumu meringankan pikiran sehari-hari. Memiliki asuransi untuk mempersiapkan masa depan bisa kamu mulai dari sekarang. Pilih berbagai produk asuransi dari BCA Life sesuai kebutuhanmu hanya di mylifeguard.id

Bagikan