Waspada! Beberapa penyakit ini sering muncul saat sedang menjalankan Ibadah Puasa. - BCA Life
Bagikan

Waspada! Beberapa penyakit ini sering muncul saat sedang menjalankan Ibadah Puasa.

April 4, 2022

Sudah sejak lama penelitian menemukan puasa yang dilakukan selama satu bulan seperti yang dilakukan umat Islam di seluruh dunia memiliki banyak manfaat. Berpuasa dapat membuat tubuh membakar lemak jahat, meningkatkan kinerja otak, membuang racun tubuh, bahkan menghindari risiko penuaan dan penyakit berbahaya.

Sayangnya ada beberapa orang yang memiliki kondisi tubuh yang lambat beradaptasi dengan pergantian pola makan dan mengakibatkan munculnya beberapa gangguan kesehatan ringan. Selain itu, penyakit saat puasa juga dapat terjadi karena kesalahan memiliki menu makanan saat sahur dan berbuka.

Agar tidak panik, yuk ketahui dulu beberapa penyakit tersebut dan bagaimana cara menanggulanginya.

1. Dehidrasi Meski bukan suatu jenis penyakit, dehidrasi merupakan masalah yang umum terjadi saat puasa. Kondisi ini biasanya terjadi karena tubuh tidak mendapatkan asupan cairan yang cukup selama berpuasa, yang dapat diperparah jika memiliki aktivitas padat yang memicu tubuh kehilangan banyak cairan. Agar terhindar dari dehidrasi saat puasa, pastikan untuk memperbanyak minum air putih saat sahur. Sebaiknya hindari juga makanan asin dan pedas saat sahur karena dapat membuat tubuh lebih cepat dehidrasi saat puasa.

2. Gula darah rendah Gula darah rendah atau disebut juga dengan hipoglikemi. Ini merupakan kondisi dimana kandungan gula dalam darah Anda terlalu rendah. Kadar gula yang rendah dalam darah bisa mengakibatkan lemas, pusing, mudah lelah dan berkeringat dingin. Kadar gula rendah tidak bisa disepelekan karena bisa mengakibatkan pingsan. Untuk menghindari kondisi ini sebaiknya kurangi mengkonsumsi makanan yang terlalu manis pada saat sahur.

3. Sembelit Masalah pencernaan lain yang juga sering terjadi saat puasa adalah konstipasi atau sembelit. Penyakit ini umum terjadi saat kita puasa karena tubuh banyak menyaring makanan, namun air dan konsumsi serat berkurang. Untuk mengatasinya, kamu bisa berbuka dan sahur dengan memperbanyak makan-makanan tinggi serat misalnya biji-bijian dan buah-buahan lalu banyak minum air putih.

4. Asam lambung Penyakit asam lambung adalah salah satu penyakit yang dikhawatirkan banyak orang saat menjalankan puasa. Saat perut terlalu kosong, maka gas meningkat dan menyebabkan nyeri. Namun, kamu tak perlu khawatir, asam lambung berlangsung pada awal puasa saja. Seiring berjalannya waktu, tubuh akan mampu beradaptasi. Jika tubuh kamu sulit beradaptasi dengan perubahan pola makan saat puasa, kamu bisa menghindari makanan asam dan pedas pada saat sahur dan berbuka puasa. Asam lambung juga diyakini memiliki hubungan dengan keadaan pikiran yang cemas dan stress. Tingkat kecemasan dan stress yang tinggi dapat mengurangi tekanan pada katup kerongkongan bawah yang mencegah asam kembali ke kerongkongan. Yuk kurangi cemas dan stress saat menjalankan Ibadah Puasa agar masalah kesehatan tidak mengganggumu. Mulai berasuransi dari sekarang agar kamu less worry & be happy. Cari produk perlindungan diri sesuai kebutuhanmu di mylifeguard.id sekarang juga.

Bagikan