Kenali 2 Jenis Asuransi Jiwa yang Kamu Butuhkan - BCA Life
Bagikan

Kenali 2 Jenis Asuransi Jiwa yang Kamu Butuhkan

Desember 13, 2021

Asuransi merupakan salah satu instrumen finansial yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Asuransi merupakan proses pemindahan resiko dari perorangan ke perusahaan asuransi. Kepemilikan sebuah polis asuransi dapat berguna untuk melindungi diri secara finansial dari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Salah satu produk asuransi yang wajib kamu miliki yaitu asuransi jiwa. Asuransi jiwa merupakan produk asuransi yang dapat memberikan kamu dan keluarga proteksi jika pencari nafkah utama keluarga kamu meninggal dunia. Pihak asuransi kemudian akan memberikan biaya tanggungan kepada keluarga yang ditinggalkan sesuai dengan kesepakatan yang telah ditandatangani.

Produk asuransi jiwa menawarkan perlindungan berdasarkan jangka waktu yang kamu inginkan. Bentuk asuransi jiwa yang ada yaitu asuransi jiwa berjangka dan asuransi jiwa seumur hidup. Sebelum kamu menjatuhkan pilihan pada produk asuransi mana yang paling sesuai dengan kebutuhanmu, kita akan membahas tentang perbedaannya terlebih dahulu.

1. Asuransi Jiwa Berjangka

Asuransi berjangka atau dalam dunia asuransi biasa dikenal dengan sebutan term life insurance merupakan produk asuransi yang memiliki batas waktu pertanggungan selama yang kamu tentukan.

Misalnya, seperti di mylifeguard.id kamu bisa memilih BCA Life Protection Guard dengan perlindungan selama 12 tahun, dan masa pembayaran premi 8 tahun, maka asuransi ini akan menanggung resiko kamu dalam jangka waktu 12 tahun terhitung dari tanggal kamu membeli polis asuransi berjangka tersebut. Setelah masa waktu tanggungan berakhir, kamu memiliki kebebasan dalam memilih untuk melanjutkan masa tanggungan asuransi atau memilih agar tanggungan berhenti saat itu juga.

2. Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Asuransi jiwa seumur hidup atau biasa disebut whole life insurance merupakan produk asuransi yang akan memberikan tanggungan proteksi bagi yang memiliki jangka waktu selama seumur hidup kamu. Asuransi seumur hidup ini akan menanggung resiko kamu selama kamu masih hidup. Tetapi pada umumnya, asuransi jiwa seumur hidup menetapkan batasan maksimal usia bagi nasabah yang ditanggung.

Di Indonesia, batasan maksimal usia yang dapat ditanggung asuransi jiwa seumur hidup yaitu pada usia 100 tahun. Batasan ini ditentukan berdasarkan catatan angka harapan hidup masyarakat Indonesia yang berada di angka 70 dan 72 tahun.

Itulah ulasan mengenai asuransi jiwa berjangka dan seumur hidup. Pastikan kamu memilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan kamu serta yang memberikan perlindungan paling optimal.

Bagikan