Penting! Jaga kondisi kamu di cuaca yang tidak menentu agar tidak jatuh sakit. - BCA Life
Bagikan

Penting! Jaga kondisi kamu di cuaca yang tidak menentu agar tidak jatuh sakit.

Mei 16, 2022

Beberapa hari ini suhu panas di Indonesia mulai dikeluhkan oleh masyarakat. Kota-kota yang dikenal memiliki suhu yang dingin juga ikut merasakan dampak tersebut. Berdasarkan data BMKG, suhu di Indonesia khususnya di daerah Jakarta mencapai suhu maksimum tertinggi sekitar 38,8 derajat celcius.

Hal ini terjadi dikarenakan gelombang panas yang biasanya disebut “Heatwave” yang merupakan fenomena kondisi udara panas. “Heatwave” ini mengakibatkan suhu yang panas selama 5 hari berturut turut di beberapa negara, namun yang terjadi di Indonesia sendiri terjadi hanya dalam skala variabilitas harian saja. Yuk, jaga kesehatan tubuh mu agar tidak sakit akibat cuaca yang tidak menentu dengan beberapa tips yang bisa kamu ikuti berikut ini

**1. Tingkatkan asupan makanan yang bergizi ** Meningkatkan asupan makanan tidak hanya menjaga organ tubuh agar bekerja secara normal namun ada beberapa makanan yang memiliki kandungan vitamin C yang mampu menjaga imun tubuhmu, seperti jeruk, daging merah, telur, ikan dan sayuran hijau. Namun kurangi asupan yang mengandung lemak tinggi atau pemanis buatan karena dapat mengakibatkan peradangan dalam tubuh.

**2. Minum air putih yang cukup ** Tips selanjutnya adalah mencukupi kebutuhan air setiap hari. Air sangat berperan penting untuk menjaga kelembaban tubuh. Jika tubuh kekurangan cairan, organ tubuh tidak bisa bekerja dengan efektif dan mengakibatkan penurunan kekebalan tubuh. Kisaran banyaknya air yang harus dipenuhi berkisar di 1200 ml hingga 2000 ml atau sekitar 8 gelas sehari.

3. Tidur yang cukup Jika nutrisi dan air sudah terpenuhi, tips selanjutnya adalah memiliki jam tidur yang cukup. Jika kamu sering begadang, organ tubuh dapat kelelahan dan mengakibatkan kekebalan tubuh menurun dan membuatmu lebih mudah jatuh sakit di cuaca yang tidak menentu. Jam tidur yang ideal adalah sekitar 7-8 jam sehari. Cobalah untuk mengatur kembali jam tidur agar dapat kembali fit di esok hari.

**4. Olahraga ** Yang terakhir adalah berolahraga, pasalnya, olahraga merupakan aktivitas yang menyehatkan tubuhmu. Khususnya untuk menjaga kesehatan di musim pancaroba seperti sekarang. Olahraga mampu merangsang produksi hormon dopamin yang bertugas untuk memperbaiki suasana hati, selain itu dopamin juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Konsumsi suplemen Yang terakhir adalah perlukah mengonsumsi suplemen? Jika kamu mampu memenuhi kebutuhan diatas, suplemen sebenarnya tidak dibutuhkan. Namun jika kamu memang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, suplemen pastinya akan sangat bermanfaat.

Jadi kamu sudah tahu kan, pentingnya untuk memperhatikan kesehatan di musim pancaroba seperti sekarang. Yuk lengkapi lagi dengan asuransi perlindungan diri dan jalani hari tanpa worry. Ayo cari tahu asuransi yang sesuai dengan kebutuhan kamu di mylifeguard.id! Miliki perlindungan 12 tahun dengan membayar premi hanya 8 tahun.

Bagikan