7 Istilah Asuransi yang Perlu Kamu Tahu - BCA Life
Bagikan

7 Istilah Asuransi yang Perlu Kamu Tahu

Oktober 2, 2021

Saat ini, siapa sih yang tidak mengenal asuransi? Asuransi merupakan hal yang cukup banyak dibicarakan tahun ini. Tetapi faktanya, hanya 1,7 persen dari seluruh penduduk Negara Indonesia yang telah memiliki asuransi. Apakah kamu termasuk salah satunya? Jika tidak, segeralah beli polis asuransi sebagai bentuk perlindungan diri.

Nah, sebelum kamu memutuskan untuk membeli produk asuransi, jangan lupa untuk mempelajari istilah-istilah asuransi terlebih dahulu. Di dalam dunia asuransi, banyak sekali istilah yang belum banyak diketahui oleh orang-orang awam.

1. Polis Asuransi

Istilah dasar pertama yang wajib kamu ketahui dalam dunia asuransi yaitu polis. Polis asuransi merupakan dokumen perjanjian pertanggungan asuransi antara Penanggung dengan Pemegang Polis, untuk kepentingan Tertanggung, yang memuat jaminan pertanggungan asuransi kepada Tertanggung, syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan yang mengatur hak dan kewajiban Pemegang Polis, serta seluruh ketentuan tambahan dan semua perubahan yang sah yang ditandatangani oleh pejabat yang berwenang dari Penanggung.

2. Premi Asuransi

Istilah selanjutnya yaitu premi asuransi. Setelah kamu setuju untuk memiliki sebuah polis asuransi, ini artinya kamu juga telah menyetujui hal-hal yang telah tertulis dalam kontrak dan wajib kamu lakukan. Kewajiban seorang nasabah asuransi yaitu membayarkan premi asuransi.

Premi asuransi merupakan sejumlah uang yang ditetapkan oleh Penanggung dan disetujui oleh Pemegang Polis dan wajib dibayar oleh Pembayar Premi kepada Penanggung sehubungan dengan pertanggungan asuransi sebagaimana tercantum dalam Data Polis.

3. Uang Pertanggungan

Nasabah asuransi bukanlah satu-satunya yang memiliki kewajiban. Dalam polis asuransi, tentunya perusahaan pun juga harus memenuhi kewajiban yang telah disepakati.

Jika pemenuhan kewajiban nasabah asuransi berupa pembayaran premi, maka bentuk pemenuhan kewajiban perusahaan asuransi yaitu pembayaran uang pertanggungan, Uang pertanggungan merupakan sejumlah nilai uang yang tercantum dalam Data Polis yang merupakan nilai pertanggungan asuransi sebagaimana diperjanjikan antara Penanggung dan Pemegang Polis.

4. Tertanggung

Seperti namanya, tertanggung berarti Orang yang mempunyai keterikatan asuransi atau mempunyai Kepentingan Yang Dipertanggungkan (Insurable Interest) dengan Pemegang Polis dan atas jiwanya diadakan pertanggungan asuransi berdasarkan Pengajuan Asuransi dan namanya tercantum dalam Data Polis asuransi.

5. Masa Tenggang

Sebagai nasabah, kamu sangat dianjurkan untuk membayar iuran premi asuransi dengan tepat waktu. Jika kamu terlambat membayarkan kewajibanmu sampai tanggal jatuh tempo yang ditentukan, kamu akan mendapatkan waktu tambahan yang disebut grace period atau masa tenggang.

Grace period merupakan istilah yang berarti Tenggang waktu yang diberikan oleh Penanggung kepada Pemegang Polis untuk membayar Premi yang telah jatuh tempo di mana dalam tenggang waktu ini pertanggungan masih berlaku.

6. Lapse

Setelah membaca penjelasan tentang grace period, selanjutnya kami akan membahas tentang istilah lapse. Jika seorang nasabah tidak membayarkan premi asuransi hingga melewati grace period, maka secara otomatis polis asuransi yang ia miliki akan lapse.

Lapse merupakan istilah yang menandakan berhentinya efektifitas sebuah polis asuransi. Dengan kata lain, jika kamu menunggak pembayaran, polis asuransi yang kamu miliki pun akan langsung dibatalkan keaktifannya. Setelah polis asuransi lapse, perusahaan tidak lagi berkewajiban menanggung risiko kamu.

Bagikan