Cara Mengatur dan Menyusun Perencanaan Keuangan Keluarga Muda - BCA Life
Bagikan

Cara Mengatur dan Menyusun Perencanaan Keuangan Keluarga Muda

April 6, 2021

Setelah menikah, pasti banyak sekali yang berubah di kehidupan Anda. Salah satunya adalah finansial keluarga. Biasanya keluarga baru mengalami kesulitan dalam merencanakan keuangan. Setiap gajian, uang habis secepat kilat tanpa ada sisa untuk beberapa minggu ke depan. Kebutuhan pun selalu ada dan mungkin akan terus bertambah, sementara pendapatan tidak bisa memenuhi. Adakah tips menyusun keuangan keluarga secara efektif?

Tentu saja ada jika Anda mengikuti beberapa cara perencanaan keuangan keluarga muda seperti di bawah ini:

Menabung dengan benar

Menabung memang terlihat klise, namun manfaatnya sangat besar. Sisihkan pendapatan Anda dan pasangan untuk tabungan masa depan, misalnya 10% - 20% dari gaji saat ini. Upayakan untuk tekun menabung tiap bulannya agar terbiasa menjadi gaya hidup positif. Tentukan tujuan menabung, misalnya untuk renovasi rumah, membeli mobil baru, atau sesederhana liburan ke luar kota. Dengan menabung, kondisi finansial Anda akan lebih sehat.

Menyiapkan dana darurat keluarga

Salah satu cara mengatur keuangan keluarga ialah dengan menyiapkan dana darurat. Dana darurat berguna ketika suatu hari anggota keluarga ada yang tertimpa musibah dan membutuhkan biaya. Adanya dana darurat dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan tak terduga dan secara tidak langsung melindungi tabungan masa depan yang sudah Anda siapkan. Kebutuhan dana darurat setiap orang dan setiap keluarga berbeda-beda, tetapi umumnya disarankan minimal sebesar tiga kali pengeluaran bulanan. Bentuk dana darurat bisa berupa rekening tabungan bank dan emas yang bisa kapanpun Anda jual atau gadaikan.

Mengelola hutang

Saat merencanakan keuangan keluarga, segala hal yang berkaitan dengan hutang wajib dikelola. Pasalnya, jika tidak diatur dengan benar, anggaran dan tabungan masa depan Anda akan terbengkalai. Maka, mengelolanya dengan efektif sangat diperlukan. Caranya, selektif dalam berbelanja menggunakan kartu kredit dan layanan pinjaman dana lainnya, lalu prioritaskan untuk melunasinya kembali. Jika hutang dikelola dengan baik, anggaran dan tabungan Anda pun akan membaik.

Tambah penghasilan

Jika kebutuhan lebih besar dari pendapatan per bulan, mau tidak mau Anda perlu menambah penghasilan lain. Misalnya dengan berjualan barang secara daring, menjual masakan kreasi sendiri lewat layanan pesan antara daring, menjadi desainer grafis, web developer, atau menjadi penulis lepas untuk menambah pundi-pundi keluarga. Banyak cara yang bisa ditempuh untuk menambah penghasilan, asalkan giat dan bisa mengatur waktu.

Prioritaskan asuransi

Tips menyusun keuangan keluarga yang terpenting adalah memiliki perlindungan asuransi. Anda perlu menganggarkan untuk membayar premi secara berkala dengan manfaat perlindungan yang membantu kelangsungan keluarga. Beragam pilihan produk asuransi, mulai dari asuransi jiwa hingga asuransi kesehatan. Memprioritaskan perlindungan asuransi membantu kelancaran rencana keuangan keluarga.

Berbicara tentang asuransi jiwa, sudahkah Anda memilikinya? Jika belum, BCA Life mempunyai produk BCA Life Protection Guard. Di dalamnya, terdapat manfaat utama, serta jaminan kepastian yang akan diberikan kepada Anda. Perlindungan telah terjamin, kini Anda bisa menghabiskan waktu lebih banyak untuk keluarga.

Bagikan