Bahaya! Maraknya Kebocoran Data Pribadi di Indonesia | BCA Life
Bagikan

Bahaya! Maraknya Kebocoran Data Pribadi di Indonesia

Agustus 8, 2023

Kasus kebocoran data pribadi lagi-lagi terjadi! Kali ini terjadi kasus kebocoran data di Dukcapil Kemendagri dengan 337 juta data warga negara Indonesia bocor. Permasalahan ini bukan yang pertama kali terjadi di Indonesia, dan telah menjadi ancaman yang serius bagi negara dan juga masyarakat. Kasus kebocoran data yang di Indonesia terjadi pada lembaga pemerintahan dan juga korporasi.

Pada kasus peretasan, ada yang namanya Breach Forum yang merupakan situs yang digunakan untuk melakukan diskusi. Di situs itulah sering terjadi penyalahgunaan untuk melakukan kejahatan siber oleh para hacker. 337 juta data Dukcapil Kemendagri bocor di situs tersebut dan banyak informasi penting yang sangat berbahaya jika sampai bocor, salah satunya yaitu nama ibu kandung. Seperti yang kita ketahui bahwa informasi nama ibu kandung seringkali digunakan sebagai lapisan keamanan. Aktivitas seperti sektor perbankan akan menggunakan data tersebut sebagai bentuk keamanan dan verifikasi data nasabah.

Dengan bocornya data tersebut, sangat berbahaya jika data-data itu digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan dimanfaatkan untuk tindak kejahatan. Ketika terjadi banyaknya kebocoran data di lembaga pemerintahan, pihak yang juga menjadi sorotan dalam kasus ini adalah pemerintah. Keamanan pemerintah akan dianggap lemah dan harus berbenah dalam menangani peretasan dan kebocoran data.

Kasus kayak gini jadi bikin kita makin waswas ya dalam ngejalanin harihari. Supaya kamu gak waswas dan merasa lebih aman, yuk lindungi diri kamu bersama produk asuransi jiwa BCA Life! Khusus di bulan kemerdekaan ini, raih perlindunganmu dan 7adi 8ebas bersama mylifeguard.id. Gunakan Kode Promo MLG78 dan dapatkan Diskon 78% (maksimal Rp100.000) dengan minimum transaksi Rp338.000. Cek disini untuk info selengkapnya!

sumber: inet.detik.com

Bagikan