Lebaran bikin kamu jadi lebar? Yuk mulai kontrol lagi pola makanmu. - BCA Life
Bagikan

Lebaran bikin kamu jadi lebar? Yuk mulai kontrol lagi pola makanmu.

Mei 9, 2022

Pada saat lebaran, ada banyak makanan enak yang pastinya sulit kamu hindari. Mulai dari rendang, gulai, opor dan juga berbagai kue kering yang manis dan gurih akan menjadi santapan kamu selama merayakan lebaran. Walaupun lezat dan nikmat namun makanan tersebut bisa menyebabkan gangguan kesehatan jika tidak kamu batasi. Makanan bersantan, berlemak, dan manis bisa meningkatkan kolesterol dan naiknya gula darah yang membuatmu rawan terkena obesitas, darah tinggi, dan juga diabetes. Tips mengatur pola makan sehat setelah lebaran dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat. Mengatur pola makan setelah lebaran dengan konsumsi makanan sehat sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan. Apa saja kira-kira makanan yang cocok untuk mengembalikan pola hidup sehat kamu?

1. Sayur dan buah Tips mengatur pola makan sehat setelah lebaran yang pertama ialah sayur dan buah. Sayur dan buah akan selalu jadi daftar mutlak makanan sehat yang direkomendasikan, termasuk makanan yang sebaiknya kamu konsumsi setelah lebaran. Serat dan vitamin pada buah dan sayur akan membantu memperbaiki sekaligus melancarkan sistem pencernaan. Ada banyak buah yang bisa kamu konsumsi seperti jeruk, apel, anggur, semangka, dan lain-lain.

2. Ganti daging merah dengan ikan Tips mengatur pola makan sehat setelah lebaran berikutnya adalah mengganti daging merah dengan ikan. American Heart Association merekomendasikan kamu untuk makan setidaknya dua porsi ikan per minggu. Ikan kaya akan omega-3 yang bagus untuk kolesterol dalam tubuh. Jadi, persiapkan jenis ikan yang kamu suka dalam kulkas agar tidak perlu sering-sering berbelanja keluar rumah.

3. Hindari dulu junk food Sama seperti makanan bersantan dan berlemak, sebaiknya kamu hindari dulu junk food karena sudah jelas kurang baik untuk kesehatan. Zat pengawet pada junk food akan mengganggu metabolisme. Selain itu junk food bisa bikin kamu mengalami obesitas dan gangguan pencernaan. Yuk, komitmen untuk mengkonsumsi makanan sehat dahulu agar tubuh kamu kembali ke pola yang sehat.

4. Minum air putih Air putih terdengar sepele, namun setelah lebaran berakhir, lebih baik perbanyak konsumsi air putih. Kamu tentu tahu bahwa cukup minum air putih 8 gelas setiap harinya atau sekitar 2 liter sangat baik untuk kesehatan tubuh. Air putih, selain murah dan mudah didapat, merupakan satu-satunya minuman yang 0 kalori dan sehat untuk tubuh. Dengan begitu, mengkonsumsi sebanyak apa pun tidak akan menambah ekstra kalori untuk tubuh kamu.

5. Konsumsi Yoghurt Terakhir, kamu bisa menerapkan pola makan sehat setelah lebaran dengan rajin mengkonsumsi yoghurt. Yoghurt mengandung probiotik yang sehat untuk kesehatan usus dan sistem pencernaan. Selain itu, terdapat juga kandungan lain yang sangat baik untuk tubuh, seperti kalsium, vitamin B12, kalium, fosfor, dan zinc. Tentunya yoghurt sangat baik dikonsumsi setelah lebaran karena dapat membersihkan sistem pencernaan dari sisa-sisa makanan berlemak dan bersantan yang kamu makan pada saat lebaran. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu juga bisa menyantap yoghurt dengan ditambahkan beri-berian, yang juga berkhasit untuk tubuh.

Jadi kamu sudah tahu kan, pentingnya untuk kembali menjaga pola makan setelah lebaran. Yuk lengkapi dengan asuransi perlindungan diri dan jalani hari tanpa worry. Ayo cari tahu asuransi yang sesuai dengan kebutuhan kamu di mylifeguard.id! Miliki perlindungan 12 tahun dengan membayar premi hanya 8 tahun.

Bagikan